Iriawan Resmi Jabat Plt Gubernur Jawa Barat

Jabar-JAI, Komjen (Pol) Drs. M. Iriawan, SH, MH resmi dilantik menjadi pejabat Gubernur Jawa Barat oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahyo Kumolo di Gedung Merdeka Bandung pada Senin, (18/6/2018) hari ini.

Iwan (panggilan Komjen Iriawan) yang juga mantan Kapolda Jabar ini secara estafet menerima tampuk kepemimpinan sebagai orang nomor 1 di Jabar dari Gubernur sebelumnya Ahmad Heryawan yang telah habis masa jabatannya.

Selain itu dilakukan pula sertijab Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Jabar yang juga dihadiri para mantan dan Pj Gubernur dari beberapa daerah di Indonesia, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Jabar, para sesepuh, pimpinan dan anggota DPRD Jabar, para petinggi TNI/Polri,  Dansesko dan para undangan lainnya.

Menurut Tjahyo Kumolo, Pj Gubernur Jabar memiliki tugas mensukseskan pilkada, Mengamankan dan menjaga stabilitas keamanan baik pra dan pasca pilkada.

“Pejabat gubernur bukanlah pejabat politik, sehingga harus memiliki kemampuan lebih serta keleluasaan dalam mengawal netralitas Apatatur Sipil Negara,” tuturnya.

Selain itu harus terjaga pula netralitas jajaran TNI/Polri, lanjut Tjahyo, Pj Gubernur juga merupakan wakil pemerintah pusat di daerah, harus mampu berkoordinasi dengan para bupati dan walikota.

“Dalam mewujudkan kehadiran pemerintah negara di tengah masyarakat melalui penyelenggaraan pelayanan publik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,”ungkapnya.(yopi hsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *