PGB & BKSDA Inginkan Terbaik Untuk Gunung Guntur Garut

Garut (JAI), Paguyuban Guntur Berkarya bersama jajaran BKSDA Garut didampingi oleh beberapa mahasiswa di Kab. Garut mengadakan sosialisasi ke lingkungan masyarakat yang berada diwilayah kelurahan Pananjung dan desa Pasawahan Garut, Senin (23/7/2018).

Dalam sosialisasi tersebut, Paguyuban Guntur Berkarya selaku penggerak kegiatan observasi untuk menyentuh masyarakat sekitar area wilayah Gunung Guntur agar senantiasa satu pemikiran dalam hal memperbaiki lingkungan Gunung Guntur yang keadaannya rusak karena penambangan liar yang sudah cukup berlangsung lama.

Bacaan Lainnya

Ketua Paguyuban Guntur Berkarya, A.  Gopur dan Kepala Pengendali hutan/Koordinator komplek SKW V. gr  Gunung Guntur, Sepdi Hendayana dalam acara  sosialisasi tersebut berhasil ditemui untuk dikonfirmasi tentang tujuan visi dan misi kegiatan tersebut.

” kami hanya berharap wilayah area Gunung Guntur serta masyarakat sekitar dapat mengubah cara berpikir dan dapat mengubah paradigma baru terutama untuk menindak lanjuti program 3A (Alih pungsi, alih propesi dan alih komuniti), Karena bagaimanapun lingkungan area Gunung Guntur adalah tanggung jawab bersama dan perlu solusi di ubah menjadi ekowisata alam yang sekaligus menunjang perkembangan dunia pariwisata kab.Garut,”ungkap A.Gopur.

Sementara itu beberapa tokoh dan masyarakat Pananjung Kp Dukuh Babakan dan Tanjung yang berhasil detemui oleh tim Investigasi Jurnal Aktual Indonesia, dalam sosialisasi tersebut berbagai pendapat dan keinginan dilontarkan terutama dalam keterkaitan perencanaan ekowisata gunung guntur.

Pada intinya masyarakat sekitar menginginkan ada perubahan baru dan berharap ekowisata Gunung Guntur dapat menjadi pendongkrak perekonomian didaerahnya dan sistem pengelolaannya dapat dikembangkan oleh masyarakat sendiri yang senantiasa dapat mengubah paradigma baru untuk masyarakat penggali manual menjadi pelaku pariwisata dan menjadi motor kegiatan dalam perencanaan ekowisata tersebut.

Ditempat yang berbeda tim Jurnal Aktual Indonesia menemui pimpinan kelurahan Pananjung beserta para jajarannya di ruang kerjanya dan menyambut hangat Tim Paguyuban Guntur Berkarya dan jajaran BKSDA.

Dalam pertemuan tersebut, pimpinan kelurahan pananjung mengutarakan pendapatnya terkait dengan kegiatan PGB dan KSDA serta para mahasiswa dalam observasi kemasyarakat sekitar terdekat wilayah Gunung Guntur.

Dirinya sangat berterimakasih dan sepaham dengan apa yang direncanakan oleh PGB dan  BKSDA dalam mengubah area kawasan Gunung Guntur supaya tertata kembali dan menjadi area produktif dan sekaligus dapat diolah menjadi kontribusi positif untuk perekonomian masyarakat dan PAD kab. Garut dalam wancana dunia pariwisata yang mempunyai ciri khas lokal dan manca negara.

“Bagaimanapun pemerintahan kelurahan Pananjung dan Pasawahan adalah figur terdepan dalam memimpin dalam memajukan serta memberikan kontribusi pemikiran dalam mengubah watak dan paradigma masyarakat wilayahnya. (toni firmansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *