H Aming Ajak Cegah DBD Dengan Cara Jumsih

PURWAKARTA, JAI – Penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang kerap diderita warga, disebabkan oleh gigitan nyamuk. Sehingga pemberantasan nyamuk menjadi kunci penting dalam menangkal penyakit mematikan ini.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Purwakarta, H Aming di sela-sela kegiatan Jumat Bersih dan Fogging di Perum Panorama Indah, Kelurahan Ciseureuh, Jumat (1/3).

Bacaan Lainnya

“Operasi kebersihan, kerja bakti Jumsih yang dilakukan seminggu sekali dalam lingkup RT atau RW, bisa menjadi solusi pencegahan berkembangnya jentik nyamuk penyebab DBD di lingkungan. Ini harus menjadi perhatian bersama,” kata Kang H Aming, kepada awak media.

Menurut H Aming, disisi pemerintah akan terus dikedepankan kebijakan Jumsih di masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Selain fogging, dalam Jumsih juga dibersihkan tempat-tempat yang memungkinkan bagi nyamuk bersarang atau bertelur. Antara lain, lokasi-lokasi yang biasa menjadi genangan air hujan seperti plastik, kaleng bekas, talang rumah, saluran air, bak kamar mandi, semak-semak dan lain-lain. Dengan begitu, nyamuk dewasa maupun telur nyamuk bisa dibasmi.

H Aming menegaskan, jika kerja bakti seminggu sekali konsisten dijalankan masyarakat, maka tidak perlu fogging, tidak perlu penelitian mengatasi sebaran nyamuk DBD yang berbiaya tinggi, bahkan tidak perlu sakit dan berobat ke rumah sakit.

Di sisi lain, kerja bakti atau Jumsih yang dilakukan seminggu sekali juga memiliki nilai sosial, yakni menjaga lingkungan secara bersama-sama, ada gotong royong dan kekompakan warga. H Aming berharap budaya ini dilanjutkan dan diikuti oleh semua elemen masyarakat.(Lili Kurniadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *