Miris..Penderita ODGJ Tinggal Digubug Reot… Pemkab Bogor Kemana?

Bogor (JAI),

Dasuki (47), warga Kampung Panyemir, RT 02 RW 03 Desa Cikuda, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor, diketahui menderita gangguan kejiwaan, yang hidup sebatang kara dan tinggal digubug reot.

Menurut informasi yang dihimpun tim wartawan JAI dari kerabat dan para tetangga, Dasuki diketahui menderita gangguan jiwa sejak usia 17 tahun hingga saat ini usianya mencapai 47 Tahun.

“Iya dia (Dasuki) menggantungkan hidupnya dari belas kasihan kerabat terdekat dan para tetangga sekitar saja yang merasa iba melihat kondisinya,” ungkap salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya.

Dan yang membuat mirisnya lagi kata dia, sejak mengalami gangguan kejiwaan pada usia 17 tahun hingga sekarang Dasuki nyaris luput dari perhatian Pemerintah setempat.

“Memang benar Dasuki tidak memiliki KTP, Karena sejak usia 17 tahun dia mengalami gangguan jiwa. Dan selama itu pula dari pihak Pemerintah setempat belum ada perhatian, bahkan di saat Pemerintah menyalurkan bantuan terhadap masyarakat sekitar, Dasuki tidak mendapatkannya padahal Ia masih ada ikatan saudara dengan Pak lurah yang sekarang menjabat. Meskipun pihak saudaranya sudah berupaya mengobati baik secara medis maupun non medis tetapi belum ada perubahan hingga sekarang ini,” paparnya pilu.

Menurut Adam, Ketua RT 02 saat dijumpai dirumahnya mengaku dan membenarkan bahwa Dasuki tidak memiliki kartu identitas diri seperti KTP karena sejak usia 17 Tahun mengalami gangguan kejiwaan hingga sekarang tidak tercantum namanya.

“Saya akui belum pernah mengajukan ke pihak Desa dan yang saya tahu kalo Dasuki itu sebenarnya masih ada ikatan keluarga dengan Pak Lurah Saniyani. Orangtua Pak Lurah dengan orangtua Dasuki itu kakak beradik, Namun sejauh ini belum ada tindakan apapun dari Pemerintah Desa,” terangnya.

Sementara itu ditempat berbeda, Ridwan, Sekretaris Desa Cikuda mengaku sejauh ini belum pernah ada informasi dari RT setempat terkait warganya yang mengalami gangguan jiwa.

“Pihak Desa pasti akan melakukan tindakan bilamana ada keluhan atau aduan dari masyarakat melalui Ketua RT. Terkait Dasuki yang katanya mengalami gangguan jiwa, Kami belum menerima informasi apapun dari pihak RT setempat.” tandasnya. (Nay /Boim )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *