Berwisata ke Pemandian Air Panas Ciwalini Kawasan Perkebunan Teh PTPN VIII

Pemandian-Air-Panas-Ciwalini..

Jurnalaktualindonesia.com.- Pemandian air panas Ciwalini Bandung, berlokasi di jalan Raya Ciwidey-Patengan Tenjolaya Ciwidey, di desa Patengan, kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.   Pemandian Air Panas Ciwalini mempunyai fasilitas yang lengkap dan dapat membantu kita dalam berkunjung seperti : Kolam Renang Air Panas, Kolam Terapi Ikan, Gazebo, Penginapan, MCK & Kamar Ganti, Lahan Parkir, Warung yang menjual makan dan minuman.

Pemandian-Air-Panas-Ciwalini

Dikelilingi dengan perkebunan teh hitam yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII serta fasilitas yang memadai, ditemani dengan seduhan teh yang menghangatkan tubuh. Pemandian air panas Ciwalini ini selain dipenuhi dengan kecantikan penduduknya, juga memiliki tempat wisata cantik-cantik dan sejuk yang dihangatkan dengan keramahan penduduk lokalnya.

Untuk informasi, sepanjang perjalanan terdapat penginapan dan hotel-hotel berdiri di sekitaran wilayah Ciwidey. anda juga banyak menemukan tikungan serta jalan menanjak dengan fasilitas jalan yang cukup mulus. Sementara selama diperjalanan mata anda dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah

sesaat anda memasuki kawasan pemandian air panas Ciwalini, maka anda akan menemui jalanan yang cukup rindang dengan beriri pepohonan di sepanjang jalanan, maka setibanya anda di gerbang masuk Pemandian Air Panas Ciwalini terlihat area perkebunan Teh Rancabali menghembus udara yang sejuk serta pemandangan alam yang sangat indah-eksotik sedap dipandang mata.

Begitu turun dari kendaraan, anda akan disuguhkan dengan suasana tempat yang dikelilingi pegunungan dan tidak pernah sepi dari pengunjung, banyak diantara pengunjung yang datang ke tempat itu untuk berendam di kolam air panas, bahkan sebagian dari pengunjung percaya air panas tersebut baik untuk kesehatan tubuh.

pemandian-air-panas-ciwalini-bandung-3

A.W.Brouwer berkata “Bumi Pasundan lahir ketika tuhan sedang tersenyum”. Begitulah Bandung untuk masyarakatnya yang selalu melontarkan senyum hangat. Senyum itu melahirkan lebih dari 100 tempat wisata.

Salah satu daerah yang banyak diminati wisatawan, baik lokal maupun mancanegara adalah Ciwidey. Jalan yang berkelok-kelok dan rindangnya pepohonan di sekitar jalan, tidak menjadi hambatan untuk tetap berlibur di daerah dengan hamparan kebun teh yang luas ini.

Ciwidey memiliki banyak tempat wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan, diantaranya Kawah putih, Ranca Umpas, dan Rancabali dengan kebun teh dan pemandian air panasnya. Salah satu pemandian air panas tersebut yaitu Pemandian air panas Ciwalini.

Pemandian Air Panas Ciwalini ini memanfaatkan melimpahnya sumber mata air panas di alam sekitarnya. Terletak di kaki Gunung Patuha, di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut, obyek wisata ini cukup sejuk serta menyajikan pemandangan alam yang indah dan eksotik. Kerimbunan perdu teh yang mengelilingi Ciwalini menjadikan kawasan wisata ini terasa lengkap sebagai wisata alam yang menarik di Bandung Selatan, tepatnya masuk dalam wilayah Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Di sini disediakan beberapa kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda, begitupun dengan fasilitas yang ada. Terdapat dua kolam renang yang dapat anda gunakan untuk menikmati kehangatan air di tengah sejuknya udara pegunungan.  kolam ini juga terlihat lebih terawat dan bersih jika dibandingkan dengan yang disebut sebagai kolam umum.

Jalur transportasi Jalan menuju pemandian air panas Ciwalini dapat ditempuh dengan mudah karena lokasi sangat terkenal di kalangan masyarakat Bandung.  Bagi wisatawan local bisa menggunakan fasilitas transportasi umum juga sudah sangat memadai sehingga sangat mudah untuk mencapai lokasi pemandian air panas di Ciwalini, dengan menggunakan elf lewat terminal Leuwipanjang, Ciwidey.  Atau bisa juga menggunakan jasa transportasi kereta api dari kota asal.

Adapun, Wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi dapat mengambil rute  menuju jalan Kopo, kemudian dilanjutkan ke jalan Cilampeni. Setelah itu, pilih jalan menuju Katapang, lalu ke Soreang dan terakhir mengambil jalan ke Ciwidey.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Ciwalini

Peningkatan pengunjung di tempat wisata akan mempengaruhi fasilitas yang ada. Hal tersebut dikarenakan, untuk menunjang dan menarik perhatian pengunjung. Sama halnya dengan pemandian air panas di Ciwalini Bandung.

Wisatawan semakin dimanjakan dengan fasilitas yang ada di kawasan air panas Ciwalini. Wahana bermain anak seperti waterboom, flying fox, motor cross, sepeda tour dan berbagai jenis kendaraan ATV, gazebo atau pendopo, taman bermain, serta mushola juga tersedia di pemandian air panas Ciwalini.

Kenyamanan pengunjung juga menjadi salah satu prioritas utama objek wisata ini. Untuk tetap menjaga kenyamanan wisatawan, kolam renang dibagi menjadi beberapa kategori yaitu kolam 2, kolam keluarga, dan private room yang berisi untuk satu orang pengunjung saja.

Spot Wisata di Pemandian Air Panas Ciwalini

Wisata pemandian air panas Ciwalini Bandung memiliki beberapa bagian spot yang disedia untuk para pengunjung. Lingkungan pemandian sangat terjaga kebersihannya meskipun pengunjung yang terus berdatangan sangat ramai.

Untuk menambah kenyamanan pengunjung, tempat ini menyediakan:

Kolam Renang

Kolam renang yang cukup luas dengan posisi berdekatan serta dilengkapi dengan water boom ini menjadi spot favorit semua kalangan.

Pengunjung dapat dengan bebas berenang bersama kerabat atau keluarga.

Kolam renang keluarga

Perbedaan antara kolam renang 2 dengan kolam renang keluarga adalah fasilitas yang diberikan.

Kamar rendam

Jika kamu ingin menikmati kehangatan air panas lebih personal, kamu bisa memilih fasilitas kamar rendam.

Di Dalam kamar rendam ini, tersedia kolam yang bersih dan tetap terjaga temperatur air nya.

Namun, wisatawan  juga harus rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan fasilitas ini.

Terapi ikan

Kamu akan dikerumuni oleh ikan-ikan lucu. Suasana rilex dan santai otomatis tercipta dispot satu ini.

Selain itu, banyak manfaat yang akan kamu peroleh diantaranya melancarkan sirkulasi darah, menenangkan pikiran, dan menurunkan lemak tubuh.

Wahana bermain anak/taman

Setelah lelah berenang, kamu dan keluarga bisa bersantai dan bermain ditaman yang dikelilingi bunga dan kolam dengan air jernih dan pemandangan hijau pepohonan yang rindang.

Pemandian air panas Ciwalini berlimpah ruah air dari sumber mata air panas alami dari Gunung Patuha. Keasriannya tetap terjaga dan air panas memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat tersebut karena air panas mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit luar dan dalam diantaranya penyakit kulit seperti gatal pada kulit, flek hitam, kudis, infeksi, panu, dan kurap.

Liburan adalah asupan untuk rohani kita. Banyak hal yang perlu dilakukan sebelum pergi berlibur. Yang harus diperhatikan adalah agar liburan tidak memperburuk keuangan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya mencari referensi dan pengetahuan tentang tempat wisata yang akan dituju.

Destinasi sekitarnya lainya:

Kampung Cai

Taman Kelinci

Banyak cara untuk mendapatkan informasi tersebut. Kamu bisa bertanya kepada teman, mencari informasi di sosial media, dan atau membaca artikel di internet. Semoga liburanmu selalu menyenangkan. Jangan lupa bahagia gengs. (Agung Gumilar)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *