February 28, 2020

Upacara HUT RI Ke 74 di Kecamatan Somagede

Banyumas (JAI), Upacara detik-detik proklamasi dalam rangka peringatan HUT kemerdekaan RI ke-74 di laksanakan di Kecamatan Somagede, Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (17/08/2019) dan diikuti sekitar kurang lebih 1000 peserta yang terdiri dari segenap jajaran TNI, Polri, pegawai Dinas Instansi, pelajar dan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan para veteran di wilayah Kecamatan Somagede, Banyumas.

Dalam upacara tersebut, tampak hadir pula antara lain, Waka Polsek Somagede, Kapten Inf.Catur Hadi (Danramil 09 Somagede), Mulyadi Suryono S.Pd (Koordinator Korwilcam Dindik Somagede), Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Somagede, Ratamto, S,Pd; para Kepala Desa, Para Kepala Sekolah, Guru dan siswa/siswi sekolah di wilayah Kecamatan Somagede.

Susunan Petugas Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Dalam Rangka Memperingati Hut Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke – 74 Tahun 2019, Sabtu (17/8) di Kecamatan Somagede, Banyumas; bertindak selaku Inspektur Upacara, Camat Somagede, Drs.Wisnu Budi Santoso; Perwira Upacara, Peltu Budi Supriyanto, Anggota Koramil 09 Somagede; Komandan Upacara, Ratamto, S,Pd, Kepala Sekolah SD Negeri 3 Tanggeran, Somagede, Basnyumas; Komandan Kompi, Serka Teguh S, Sertu Casirun, Sertu Daryo (Anggota Koramil 09 Somagede), Aipda Catur DN, Bripka Andri Prabowo, Aipda Surido (Anggota Polsek Somagede).Pembaca teks Pembukaan UUD 1945, Mulyadi Suryono, S.Pd (Koordinator Korwilcam Dindik Somagede; Koordinator Koor, Kasinah (Kepala SDN Mengangkang); Pembawa Acara, Mulyanah, S.Pd (Kepala SDN 2 Sokawera) dan Solikhah Tutiyaningsih, S.Pd (Guru SDN 1 Piasa.Pengibar Bendera, Siswa/Siswi SMK Muhamadiyah Somagede, SMP N 1 Somagede, SMPN 2 Somagede, SMP PGRI I Somagede, SMP PGRI II.

Detik detik Proklamasi tepat pukul 10.00 WIB ditandai dengan sirine. Camat Somagede, Drs.Wisnu Budi Santoso yang bertugas selaku Inspektur Upacara membacakan naskah proklamasi Kemerdekaan, selain itu juga membacakan amanat Bupati Banyumas, Ir.H.Achmad Husein pada Upacara Pengibaran Bendera memperingati HUT RI ke 74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019.

Dalam Amanatnya Bupati Banyumas mengingatkan, Kemerdekaan Indonesia bukanlah hasil pemberian atau gratis, tetapi melalui proses perjuangan yang sangat panjang, melelahkan dan penuh resiko, serta dirahmati oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, tidak hanya keringat yang telah dikucurkan, darahpun harus ditumpahkan bahkan kematianpun menjadi taruhannya.

Berapa banyak pejuang yang telah gugur di medan pertempuran baik gerilya maupun terbuka.Bukan hanya satu – dua atau seratus – dua ratus orang yang telah berkorban nyawa; tapi puluhan ribu bahkan jutaan. Mereka adalah para pahlawan kita yang tulus dan ikhlas rela berkorban untuk negara dan bangsanya tanpa pamrih maupun balas jasa.Oleh karena itu, Kemerdekaan Indonesia hendaknya tidak sekedar dimaknai sebagai kebebasan dari penjajahan dan ketertindasan, apalagi bertindak bebas.

”Lantas apa yang telah kita berikan kepada bangsa dan negara ini, sebagai generasi penerus kita semua harus meneruskan spirit perjuangan para pahlawan kusuma bangsa dalam mengisi kemerdekaan. Bahkan semangatnya harus jauh lebih besar dari semangat para pahlawan pada saat merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Artinya kita semua harus bekerja lebih keras, lebih semangat, serta dibarengi dengan semangat gotong-royong, guyub, rukun, brayan, bersatu dalam perbedaan.Untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju, sejajar dengan negara-negara maju lainnya, berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian secara kebudayaan. Untuk itu dan sesuai tema peringatan Hari Ulang Tahun ke 74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju, saya mengajak segenap jajaran Aparatur Pemerintahan dan warga masyarakat Kabupaten Banyumas, bersama-sama bersinergi dan berkolaburasi untuk membangun dan meningkatkan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi berkembangnya talenta unggul sejak dalam kandungan sampai tumbuh mandiri, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarga.Saya juga mengajak, marilah sengat kemerdekaan kita jadikan semangat sehari-hari,” pungkas Bupati Banyumas. (Trie)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *