Perangkat Daerah Diminta Melek UU Informasi Publik

poto Kegiatan diskominfo Kab. Bandung

Bandung, (JAI).- Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Bandung meminta seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bandung melek soal Undang- undang (UU) informasi publik.

Kepala Diskominfo Atih Witartih menilai bila UU informasi publik itu penting agar betul betul dipahami para pemangku kepentingan termasuk melalui peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Bacaan Lainnya

“Keberadaan PPID yang punya fungsi dalam membantu di setiap perangkat daerah menjadi sangat penting juga karena sebagai penyambung informasi yang dibutuhkan oleh publik atau pemohon,” ungkap Atih.

Atih khawatir bila perangkat daerah di Kabupaten Bandung tak memahami UU keterbukaan informasi publik seperti yang tercantum di UU nomor 14 tahun 2018 bisa memicu juga sengketa informasi publik.

“Mari kita menjadi teamwork untuk bersama mengimplementasikan UU tersebut. Jika sudah masuk sengketa, ranahnya bukan hanya tiap perangkat daerah, tapi sudah bisa menyeret nama Pemkab Bandung,” katanya. (Pena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *