Kriteria Pemilihan Ibu Kota Negara

Monas: Tugu Monumen Nasional

Jurnalaktualindonesia.com.- Jakarta adalah ibu kandung lahirnya Negara Kesatuan Republic Indonesia (NKRI), di mana disitu tempat menjahit dan dikibarkan sang saka bendera merah putih. Ibu kota merupakan pondamen lahirnya idiologi, Histori, filosofi bangsa. Dari situ kemudian ideologi Pancasila diperkenalkan ke seluruh penjuru dunia.

prestise pondamen filosofi maha karya itu masih dipertahankan dengan teguh oleh seluruh komponen bangsa Indonesia hingga saat in, dan semua itu lahir tercetus di Jakarta yang kemudian dipilih menjadi Ibukota tempat berkumpul seluruh komponen rakyat Indonesia melalui perwakilan di DPD, MPR dan DPR itu untuk merumuskan kebijakan-kebijakan keputusan dan menentukan nasib bangsa Indonesia kedepan.

ya, memang.., jakrta layak mendapat prestise atau dalam pengertian memiliki sebuah kehormatan, wibawa dan potensi yang dimiliki hingga membuat daerah Jakarta menjadi “berbeda” / istimewa bila dibandingkan dengan daerah lain yang ada di sekitar kepulauan Indonesia

Maka, Jakarta dipilih dan ditetapkan sebagai ibukota negara sebagai induk dari seluruh kota-kota provisi, kota kabupaten, kecamatan dan desa yg ada di indoesia . Secara konstitusional, Jakarta ditetapkan sebagai ibu kota Indonesia melalui Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1964.

Pada 28 Agustus 1961 terbit Penetapan Presiden (Penpres) No. 2/1961. Penpres ini menjadi dasar terbentuknya Pemerintah Daerah Khusus Ibu kota Jakarta Raya. Meski begitu, dalam Perpres tak mengakhiri soal pindah ibukota. Lalu bagaimana dengan rencana Pindahkan ibu kota negara dari Jakarta Raya ke ibu kota baru di Kalimantan?

Bila pemilihan ibu kota dengan syarat dan kriteria memiliki prestise pondamen, histori dan filosofi yang diterima oleh publik, termasuk landasan konstitusional sebagaimana tersebut diatas, maka pindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan itu, misalnya sama dengan mendegradasi pondamen, idiologi, histori filosopi bangsa sebagai peradaban sejarah dari masa kemasa yg dilahirkan dari ibukota dimana tengah menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia hingga saat ini.   (7o3Rn4L)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *