Wisata Legenda, Konsep Andalan Pemprov. Jawa Barat

Wisata jawa barat

Bandung, (JAI).- ibarat surga tersembunyi di kaki gunung pangrango 20 tempat wisata indonesia yang wajib dikunjungi curug cibareubeuy subang air terjun tersembunyi yang hijau di indahnya di tanah sunda jawa barat.

Kabupaten Bandung dipilih sebagai salah satu wilayah di Jawa Barat yang akan dipromosikan sebagai destinasi wisata legenda andalan dengan konsep mengkolaborasikan adat dengan literasi cerita mitologi legendaris daerah setempat.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat terus berinovasi dalam membangun sektor pariwisata. Yang terbaru, pemerintah Jabar tengah getol mengembangkan wisata legenda untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kabupaten Bandung dipilih sebagai salah satu wilayah di Jawa Barat yang akan dipromosikan sebagai destinasi wisata legenda andalan. Konsep wisata legenda sendiri bermakna mengkolaborasikan adat dengan literasi cerita mitologi legendaris daerah setempat.

Beberapa daerah di Kabupaten Bandung yang dikembangkan sebagai destinasi wisata legenda antara lain Gunung Tangkuban Perahu dan Kawah Kamojang.

Diungkapkan Bupati Bandung, Dadang M Naser, Kabupaten Bandung memiliki banyak potensi budaya yang siap diindustrikan seperti Bali. Karena itu, pemerintah daerah serius menggarapnya.

” Saya ingin mencontoh Bali. Bali sudah dikenal luas hingga kancah internasional karena punya ciri khas budaya dalam wisatanya. Budaya yang ada di Bali sudah menjadi industri. Sudah menjadi bahan jualan untuk menarik minat wisatawan,” kata Dadang beberapa waktu lalu.

” Kami punya Rampak Kendang di Ciparay. Nanti kami atur supaya itu bisa tampil di Gedong Budaya. Ada juga kampung adat di Cikondang. Kawasan itu bisa dikembangkan menjadi desa wisata dengan pendekatan adat,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Dadang, daerah Kawah Kamojang yang berada di Kecamatan Ibun juga menyimpan potensi wisata legenda yang besar. Di sana terdapat cerita legenda tentang bidadari yang turun dari kahyangan untuk mandi. Kemudian, ada Tangkuban Perahu yang menyimpan cerita tentang Sangkuriang dan Dayang Sumbi. (Teddy-Yayat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *