Desa Piasa Kulon Menuju Desa Mandiri

Banyumas (JAI), Ratno, Kepala Desa Piasa Kulon, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas yang akan memanfaatkan lahan disekitar bangunan Cadangan air untuk pertanian (embung) dijadikan sebagai sarana obyek wisata, tempat bermain anak dan sarana olahraga, dinilai jeli dalam membidik peluang emas di aspek ekonomi.

Hal ini tentunya selaras dengan cita-cita dan harapannya selaku Kepala Desa Piasa Kulon yang ingin meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakatnya dan menjadikan Desa Piasa Kulon Menuju Desa Mandiri.

Pengalaman Ratno yang mengijak tiga periode menjabat sebagai Kepala Desa Piasa Kulon; (Periode I, 2007 – 2013;Periode II, 2013 – 2019; dan Periode sekarang 2019 – 2024) dinilai matang dan mumpuni untuk menggapai cita-citanya.

Kebetulan lokasi bangunan embung tersebut di dekat jalan raya dan secara geografis Desa Piasa Kulon berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara,  maka Desa Piasa Kulon punya calon konsumen pengunjung sebagian dari wilayah Kabupaten Banjarnegara dan daerah-daerah lainnya.

Dari semua sarana keramaian tersebut nantinya akan dikelola oleh pemuda yang menjadi anggota Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dari BUMDes operasionalnya sebagian masuk anggaran Pendapatan Asli Desa (PADes).

”Kami nantinya akan manfaatkan lahan disekitar bangunan cadangan air pertanian (Embung) untuk tempat keramaian masyarakat, obyek wisata, tempat bermain anak juga sebagai sarana tempat olahraga, taman desa dan tempat parker, mainan air (Prahu Kecil), Pedagang Kaki Lima (PKL) dilengkapi Rest Area, Playing Fox, (tempat istirahat/santai),”paparnya.

Ratno menambahkan, untuk menarik pengunjung di lokasi bangunan embung Taman Desa Rawa Bener,  disediakan terapi ikan, serta menyelenggarakan hiburan tiap minggu.

“Tujuan kami tersebut sebagai salah satu terobosan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Piasa Kulon dibidang ekonomi serta kebetulan lokasi bangunan embung tersebut di dekat jalan raya, dari sarana keramaian tersebut nantinya akan dikelola oleh pemuda yang menjadi anggota Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dari BUMDes operasionalnya sebagian masuk anggaran Pendapatan Asli Desa (PADes). Itulah Roh dari Implementasi UU No.6 Tahun 2014 Tentang Desa dengan tujuan akhir menjadi Desa Mandiri Pembangunan Taman Desa akan dipercepat terkait dengan sebuah peluang,”ungkap Ratno.

Namun Ratno mengakui, untuk percepatan pembangunan wilayah Desa Piasa Kulon butuh bantuan dari berbagai pihak terutama pihak Pemerintah Kabupaten Banyumas, terutama drinase jalan jalan raya dan Sarana-Prasarana (Sarpras) Taman.

“kebanggaan kami juga kebanggaan Pemerintah Kabupaten Banyumas, Harapan warga masyarakat Desa Piasa Kulon, lebih cepat terbuka peluang usaha dengan terbangunnya tempat keramaian,”tegasnya kepada Media Jurnal Aktual Indonesia .

Proyek Bangunan Embung ini, masih kata Ratno, berdasarkan Surat Edaran Menteri Pertanian, agar desa menyediakan cadangan air berupa embung pertanian. Sumber Anggaran pembangunan Embung berasal dari Menteri Pertanian melalui Dinas Pertanian Kabupaten Banyumas Tahun 2018 dan selebihnya akan ditanggung dari sumber Dana Desa sebesar Rp.198 juta, juga Dana Desa Tahun Anggran 2019 sebesar sekitar Rp.700 juta.

“Bangunan Embung seluas 12.000 m2 dibangun diatas Tanah Kas Desa, yang tadinya berupa rawa; maka didiberi nama Embung Taman Desa Rawa Bener.Proyek bangunan Embung Tahun Anggaran 2018 2021. Sumber air embung berasal limpahan dari pengairan sawah.Pada saat darurat kemarau akan digunakan untuk mengairi sawah yang ada di bawahnya,”jelas Ratno.

Camat Somagede, Drs.Wisnu Budi Santoso, saat dihubungi secara terpisah menyatakan bangga dan menyambut baik serta memberi dukungan penuh dengan ide – ide dan program Kepala Desa Piasa Kulon, Ratno tersebut.

Selaku Camat Somagede, Wisnu akan membantu berkoordinasi dengan Bupati Banyumas, Ir.H.Achmad Husein dan Dinas-dinas terkait seperti Dinporabudpar Kabupaten Banyumas dan yang terkait lainnya.

“Kami selaku Camat Somagede sangat wellcome, bangga dan mendukung sepenuhnya langkah pak Ratno, Kepala Desa Piasa Kulon yang akan mengembangkan proyek bangunan embung sebagai wahana wisata.Kami juga siap menjadi mediator melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Kabupaten Banyumas dan dinas terkait,” tandas Wisnu Budi Santoso. ( Trie )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *