MIRIS… KONDISI PELELANGAN IKAN MINA BAHARI MUARA CIASEM

SUBANG (JAI),  Memantau Ke Pelelangan Mina Bahari Muara Ciasem yang terletak didesa Muara Ciasem Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang keadaannya sangat memprihatinkan,  tidak ada transaksi lelang ikan yang biasanya ramai.

Dari pagi hari menjelang sore saat sekarang ini tidak ada satupun terlihat perahu nelayan yang membongkar hasil tangkapannya untuk dilelang ditempat itu.

Menurut keterangan para nelayan yang berhasil ditemui oleh tim wartawan JAI dilokasi, mereka mengatakan bahwa Pelelangan Mina Bahari Muara Ciasem sudah hampir 6 bulan sepi transaksi lelang ikan.

” sepinya transaksi lelang ikan dikarenakan pengaruh iklim maupun cuaca yang extrim dan tidak menentu, jadi bagaimana kami sebagai nelayan mau melaut kalau iklim tidak bersahabat dan tidak menentu, kami takut dengan segala resikonya bila melaut,” ungkap salah satu nelayan kepada JAI.

Hal serupa pun dikatakan oleh Ketua Pelelangan Mina Bahari Muara Ciasem, Irmaya Diantoro saat di konfirmasi wartawan JAI.

Jawaban yang dilontarkan seperti para nelayan bahkan dalam waktu dekat ini Pelelangan Ikan Mina Bahari Muara Ciasem akan mengadakan sukuran ruat laut atau nadran yang biasa dilakukan setiap tahunnya.

“tujuannya agar supaya para nelayan setiap melaut mendapatkan keselamatan keberkahan dan mendapatkan tangkapan ikan yang melimpah berangkat selamat kembali selamat,”ucapnya.

Walaupun Pelelangan Mina Bahari Muara Ciasem semenjak dijabatnya sebagai ketua masih kurun waktu baru 6 bulan dan belum banyak transaksi lelang ikan, dirinya tetap memikirkan kesejahteraan para anggota nelayannya karena sebagian besar masyarakat desa Muara Ciasem dipesisir pantai mayoritas adalah para nelayan.

Ketua Pelelangan Ikan Mina Bahari Muara Ciasem ini menghimbau kepada intansi khususnya Dinas BWWS berapa bulan lagi kedepan memasuki musim hujan saluran kali yang menghubungkan ke laut mohon dikeruk agar lebih dalam.

“Hal tersebut dilakukan karena sekarang ini saluran kali arah ke laut sudah dangkal, agar para nelayan keluar masuk lebih mudah ke Pelelangan Ikan Mina Bahari Muara Ciasem dan banyak pemukiman rumah-rumah para nelayan pada musim hujan tidak kebanjiran karena lokasi Pelelangan dan sekitarnya banyak pemukiman rumah-rumah para nelayan,”pungkas Irmaya.(Untung Mahroji).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *