Proyek Peningkatan Jalan Di Kabupaten Barru Menuai Protes Warga Karena Tidak Sesui Bastek

BANTAENG-jurnalaktualindonesia.com-
Peningkatan jalan rabat beton antara penghubung jalan Desa Lompo Tengah ke Desa Kading Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru di duga tidak sesuai bestek.

padahal dana atau anggaran yang begitu banyak namun pekerjaan tersebut banyak menua protes dari masyarakat setempat.di karnakan pekerjaan rabat beton seharusnya memakai saluran air ya itu drainase atau talut, kenapa ini sama sekali tidak memakai saluran air begitu komentar salah satu masyarakat saat di konfirmasi oleh sala satu media online dan media cetak pada hari selasa tanggal 5 Nopember 2019 di Dusun Padang Mallorei Desa Kading Kecamatan Tane Riaja.

Dan bukan itu saja yang sempat di pertanyakan oleh masyarakat setempat, melainkan ada dua (2) pekerjaan yaitu jembatan yang tidak satu paket dengan anggaran tersebut.
padahal itu yang sangat penting.
Menurut masyarakat sebut saja pak Moha ia salaku tokoh masyarakat setempat mengatakan,” ini jembatan harusnya di kerjakan juga karna buat apa di kerjakan jalan kalau tidak ada jembatan nya”,ungkap Moha.

Lanjut Moha mengatakan”,padahal ini akses yang paling dekat kalau kita mau ke kabupaten Soppeng di banding kalau kita lewat jalur Bulu Dua, maka dari itu kami sebagai masyarakat meminta kepada Pemerintah Daerah khususnya pihak PU Kabupaten Barru guna mengerjakan jembatan tersebut”,Paparnya.

Di tambah lagi pekerjaan rabat beton tidak memiliki besi di dalam nya seharunya ada besi yang melintang di tengah, padahal anggaran nya begitu banyak seperti yang ada di papan informasi (papan proyek) maka itu kami sebagai lembaga konrol menduga pekerjaan tersebut diduga terindikasi adanya korupsi, di karnakan pekerjaannya di kererjakan dengan asal -asalan”,ungkap Moha.

Lebih lanjut Moha mengatakan ,” jadi kami minta kepada pihak Kejaksaan atau pihak Kepolisian Polres Barru (Tipikor) guna memantau pekerjaan peningkatan jalan rabat beton di Desa Lompo Tengah ke Desa
Kading Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru , guna memastikan atau melihat lansung pekerjaan tersebut”,jelas Moha.

Dan perlu diketahui Bahwa Kabupaten Barru mendapat Dana Alokasi Umun (DAU) sebesar Rp 4.476.100.000 (Empat Milyar Empat Ratus Tujuh Puluh Enam Juta Seratus Ribu Rupiah )
Untuk peningkatan jalan Ruas Ele -Padang Mallorie ,dengan pelaksana oleh PT Kilat Karya Konstruksi dan Konsultan Pengawas CV.Indoraya Consultant dalam janggka waktu 90 hari kalender dimulai sejak tanggal 24 september 2019.

Sehingga berita ini diterbitkan Tim investigasi Jurnal Aktual Indonesia belum mengonfirmasi kepada pihak Contraktor yang bersangkutan dan Tim pun masih akan mencari informasi kepada pihak-pihak yang terlibat demi keberimbangan berita.

(Agus JAI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *