Acara Nadran Ruat Laut Berlangsung Meriah

Subang (JAI), Acara sakral NADRAN RUAT laut yang di lakukan pelelangan muara Ciasem pada hari Minggu 17 November 2019, berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan panitia.

Didukung cuaca yang cukup cerah, dari awal pemotongan kepala kerbau yang di peruntukan untuk sesaji yang akan di buang di tengah laut atau istilah lain menurut masyarakat setempat dongdang semua berjalan dengan baik hingga selesainya acara.

Menurut ketua pelelangan, Ismaya Diantora kepada media JAI,acara sakral ini rutin di lalukan setiap 1 tahun sekali karena mengikuti ketua pendahulu semenjak berdirinya pelelangan Muara Ciasem ini.

“bisa di katakan sudah tradisi masyarakat setempat dengan tujuan agar kedepannya nelayan desa Muara Ciasem melaut berangkat mendapatkan ikan yang lebih banyak dan juga berangkat melaut mendapatkan keselamatan tidak ada halangan dalam perjalanan hingga kembali dalam keadaan selamat,”papar Ismaya yang baru 6 bulan menjabat menjadi ketua pelelangan.

Dirinya mengatakan, banyak tantangan yang harus dihadapi pada saat ini, salah satunya yang paling besar adalah kapal ikan yang kesulitan untuk melaut di akibatkan faktor cuaca yang tidak mendukung.

Hal ini berdampak jelas setiap hari tidak ada transaksi lelang ikan. akan tetapi di tuntut kewajiban sebagai ketua koperasi pelelangan untuk memajukan pelelangan ikan muara Ciasem demi kesejahteraan anggota nelayan pelelangan.

 

“Walaupun keadaan pelelangan sementara ini belum banyak perahu nelayan melaut, Alhamdulillah acara sakral NADRAN laut ini tetap bisa terlaksana sesuai waktu,” tutupnya. (untung mahroji )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *