Balai Riset Perikanan KPP RI Sinergi Kembangkan Budidaya Perikanan

PALEMBANG – jurnalaktualindonesia.com-Gubernur Sumsel H. Herman Deru menerima audiensi Kepala Balai Riset Perikanan Perairan Umum & Penyuluhan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Arif Wibowo & jajaran.

HD mengatakan pada prinsipnya masyarakat Sumsel adalah pemakan ikan. Namun ada juga sekelompok orang yang menangkap ikan dengan menggunakan cara-cara yang tidak baik dan merusak lingkungan.

Bacaan Lainnya

“Hal ini berdampak terhadap volume konsumsi ikan, sehingga sekarang orang cenderung mencari sumber protein dengan alternatif lain. Bahkan di banyak penjual makanan khas Sumsel, ikannya bersumber bukan dari Sumsel lagi,” ujarnya.

Oleh karena itu, HD meminta agar Balai Riset ini, dapat bekerjasama dengan Pemprov Sumsel dalam hal budidaya & pengembangan perikanan di Sumsel.

“Saya yakin bahwa bapak-bapak memiliki kompetensi untuk mengembalikan citra Sumsel sebagai wilayah perairan yang punya keanekaragaman ikan,” katanya.

Lanjutnya, Ia meminta agar dilakukan sosialisasi dan pembinaan yang mengedukasi ke masyarakat tentang budidaya ikan sehingga spesies-spesies ikan lokal milik sumsel dapat dilestarikan.

Sementara itu, Kepala Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan KKP RI, Arif Wibowo menginformasikan bahwa pihaknya sedang mengembangkan perikanan perairan umum dengan swaka project pengembangan ikan lokal.

“Kita sedang persiapkan agar tahun depan Sumsel akan dijadikan sebagai pusat rujukan nasional dalam pengelolaan perikanan nasional dan regional,” ucapnya.
.
Turut hadir Asisten Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Prov Sumsel, Ir. Yohannes H. Toruan, M.Sc., Kadis Kelautan dan Perikanan Prov. Sumsel, Ir. Widada Sutrisna., A.Pi., M.Si., Karo Umum dan Perlengkapan Prov Sumsel, M. Zaki Aslam, AP, M.Si.

(Red JAI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *