Dugaan PUNGLI Di Para Calon Jamaah Haji Tahun 2019

BANDUNG  (JAI), Dugaan pungutan liar (pungli) bagi para calon jamaah haji tahun 2019 yang terjadi di Kota Bandung  sungguh sangat tidak dapat di benarkan apapun alasannya, karena bagi mayoritas masyarakat muslim pergi ke tanah suci merupakan cita-cita mulia dalam menjalankan perintahNya sesuai dengan rukun Islam yang 5.

Terkuaknya dugaan pungutan liar bagi para calon jamaah haji tahun 2019 di kota Bandung  berawal dari penuturan seorang  narasumber yang namanya minta agar tidak di cantumkan dalam berita ini (sebut saja HA) kepada Jurnal Aktual Indonesia.

Dirinya mengungkapkan bahwa tahun 2019 kemarin dia dan istrinya merupakan salah satu dari 2.477 jamaah calon haji yang berasal dari kota Bandung .

“Pergi ke tanah suci merupakan cita cita kami sejak puluhan tahun silam, namun saya tak membayangkan apa yang dia dapat dari pengalaman tersebut, banyaknya jumlah rupiah yang harus di keluarkan dari harga ongkos haji ternyata melebihi apa yang sudah di tetapkan oleh pemerintah,”ungkapnya.

Dengan dalih membeli syal, baju pemberangkatan dan lain lain dia dan istrinya pun dengan terpaksa harus membayar lagi.

Menurut HA selain membayar kewajiban biaya berangkat ke tanah suci yang sudah di tetapkan oleh pemerintah dia pun harus mengeluarkan lagi biaya lainnya seperti yang sudah dia jelaskan tersebut.

Mimin sutisna salah satu pejabat yang ada di kantor Kementerian Agama Kota Bandung  saat di minta tanggapannya mengatakan, bahwa yang melakukan hal ini bukanlah dari kementerian agama kota Bandung  melainkan pihak KBIH.

“Jadi untuk meminta pertanggung jawabannya silahkan saja ke pihak Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH)

Sementara itu, Alex salah satu aktifis masyarakat Indonesia anti korupsi saat di mintai tanggapannya mengatakan, tidak seharusnya pihak Kementrian Agama Kota Bandung  melemparkan tanggung jawabnya kepada pihak KBIH, dan dia pun berharap kepada rekan rekan aparatur penegak hukum (APH ) agar segera mengambil langkah untuk memanggil dan memeriksa siapa saja yang terlibat dalam dugaan pungutan liar yang terjadi kepada calon jamaah haji tahun 2019 tersebut.

Sampai berita ini di turunkan, tim wartawan Jurnal Aktual Indonesia terus melakukan pengumpulan bukti bukti dugaan pungutan liar kepada calon jamaah haji tahun 2019 kota Bandung  dan akan berkoordinasi dengan pihak yudikatif dalam hal ini Unit Tipikor Polda Jabar. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *