Pembina ASPRINDO Rizal Ramli dan Sandiaga Uno Sambut Baik Atas Lahirnya MIO INDONESIA

JAKARTA, (JAI) Asosiasi Pengusaha Bumi Putra Nusantara Indonesia (ASPRINDO) menyambut baik peluncuran Media Independen Online Indonesia (MIO-INDONESIA) dan berharap kepada organisasi tempat berhimpunnya perusahaan-perusahaan media online tersebut, dapat menjadi partner kerja bagi ASPRINDO dalam menyebarluaskan informasi tentang geliat ekonomi dan usaha para pengusaha di bawah binaan ASPRINDO. Meski demikian, ASPRINDO yang dibina Rizal Ramli dan Sandiaga Uno ini, menaruh harapan besar kepada MIO-INDONESIA agar dalam menjalankan fungsi pers, seyogianya dapat benar-benar bersikap objektif dan independen.

Ditegaskan oleh Ketum ASPRINDO itu, bahwa saat ini warga masyarakat menjadi terbelah akibat proses politik dan bahkan terjadi polarisasi informasi. Namun, sayangnya menurut petinggi ASPRINDO itu media-media online justru banyak yang memilih menjadi partisan dan semakin memperparah kondisi ini.

Bacaan Lainnya

“Saya khawatir suatu ketika kita akan menyesal, karena pers abai mengambil peran strategisnya sebagai salah satu pilar demokrasi, dan sebagai media yg mengemban peran sebagai penyampai informasi, pendidik dan melakukan kontrol social,” ujar Ketua Umum ASPRINDO H. Jose Rizal MBA kepada awak media, (24/12), di kantornya yang asri, dibilangan Jakarta Selatan.

Menurut pria kelahiran Aceh dan dikenal sangat dekat dengan kalangan media tersebut, ia menyampaikan bahwa apa yang dihasilkan pers, sesungguhnya adalah hasil dari konstruksi realitas yang terjadi di masyarakat. Oleh karenanya, semakin objektif dan independen sebuah lembaga pers, menurutnya, akan tercermin pada konstruksi pemberitaan yang mendekati atau sama dengan realitas.

“Tapi di sini kita tahu peran para jurnalis dalam melakukan konstruksi. Ia bisa saja mengabaikan mekanisme kerja jurnalisme pemberitaan dengan melakukan intervensi dalam berbagai bentuk, termasuk di dalamnya menambahkan opini, keberpihakan, bahkan hingga hoax. Jika kita tidak menyadari bagaimana peran penting yang harus dimainkan pers, saya khawatir pers menjadi bagian yang ikut menghancurkan pencapaian kita dalam berbangsa dan bernegara hari ini,” ujarnya.

“Karena itu, saya ingin menyampaikan harapan agar MIO-INDONESIA kembali ke khittahnya sebagai media pers. Saya memahami godaan yang begitu tinggi dalam membuat berita sensasional agar bisa menghasilkan views tinggi. Tapi jika bukan pers yang mengendalikan pemberitaan, dan memecah polarisasi informasi di masyarakat, lalu kepada siapa lagi kita bisa berharap?” sambung H. Jose Rizal separo bertanya.

“Karena MIO-INDONESIA dengan telah tegas tegas mengusung independensi ini, menurut saya, ini menjadi sebuah mata air yang segar di tengah sampah informasi yang ada saat ini, dan semoga ini benar-benar bisa konsisten dengan pilihan tersebut. Akhirnya, sekali lagi saya menyampaikan selamat dan sukses. Teruslah mengasah pena dengan nurani dan kecerdasan,” kata Ketum ASPRINDO berharap. (Red/yg@Jai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *